Kebijaksanaan ini hanya bisa diraih dari waktu dan pengalaman, dan ini yang bisa kita pelajari dari mentor,” ujar Pangeran. • Jika atasan Anda menawarkan promosi atau Anda mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan lain, mentor Anda dapat membantu Anda memutuskan untuk mempertimbangkannya. Di sinilah perlu mental yang kuat dan harus ditempa pada masa sulit, sehingga kita bisa melaluinya. Kebijaksanaan ini hanya bisa diraih dari waktu dan pengalaman, dan ini yang bisa kita pelajari dari mentor,” tutup Pangeran. Selain memberikan pengetahuan dan dukungan, mentor juga dapat membantu kita memperluas jejaring profesional. Sebagai pemilik bisnis, terasa menyenangkan dan membanggakan saat menciptakan dan membangun rencana atau mimpi menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Sebagian besar universitas di luar negeri saat ini memiliki program pelatihan mentor sebaya dan bahkan ada beberapa program yang dirancang khusus untuk mahasiswa internasional. Dalam sistem pelatihan TMA, para peserta akan diminta mempelajari 4 pilar mentoring yang menjelaskan semua hal yang diperlukan seorang mentor andal. Setelah menyelesaikan pelatihan, para peserta akan mendapatkan digital badge yang bisa disematkan ke CV/resume.

Mentor

Mentorship melibatkan hubungan antara Anda dan mentor, di mana mentor akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan Anda. Jika Anda ingin menjadi mentor sendiri, Anda juga akan menemukan beberapa tip dan trik untuk menjadi mentor yang sempurna. Tidak menjadi masalah, apakah Anda baru saja mulai bekerja atau sedang mencapai sesuatu yang besar; seorang mentor selalu penting bagi Anda untuk mengerjakan sesuatu dengan benar.

Hingga saat ini, Adhit telah berhasil membantu lebih dari 1.000 programmer di Kotakode untuk memecahkan persoalan terkait dengan programing. Mentor yang baik menghargai bahwa mentee adalah seorang individu yang memiliki kemampuan dan kapasitas untuk berkembang. Dan kewajiban mentor adalah untuk mendukung perkembangan tersebut, bukan untuk menyediakan segala jawaban dan solusi pada mereka dengan mudah.

Kedua, pemimpin perubahan harus memiliki kemampuan memobilisasi stakeholder baik inner maupun eksternal. Seorang pemimpin perubahan untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan tidak mungkin melakukannya sendirian. Ia pasti membutuhkan orang lain untuk bersama-sama menuju tujuan yang telah ditetapkan tersebut.