Ketika kaum Muslim hidup dalam naungan sistem Khilafah, berbagai muamalah mereka selalu berada dalam timbangan syariah (halal-haram). Khalifah Umar bin al-Khaththab, misalnya, tidak mengizinkan pedagang manapun masuk ke pasar kaum Muslim kecuali jika dia telah memahami hukum-hukum muamalah. (As-Salus,Mawsû‘ah al-Qadhaya al-Fiqhiyah al-Mu’âshirah, hlm. 461). Investasi saham dengan modal kecil juga dapat berguna untuk mencegah kerugian yang besar.Tentu saja, keuntungan yang diperoleh juga tidak sebesar apabila menggunakan modal besar. Selesaikan pembayaran dari transaksi permintaan lembar saham Anda, sesuai dengan instruksi yang telah diinformasikan. Jika Anda belum menyelesaikan pembayaran, transaksi Anda belum dapat diproses.

Menjual beli saham

Itu sudah aturannya, seluruh penghasilan last anda baik dari penjualan saham, bunga financial institution, obligasi, dividen semua wajib dilaporkan. Dalam pemilihan saham diperlukan analisa-analisa tentang kondisi perusahaan yang bersangkutan. Apakah perusahaannya sehat, berkembang, keuntungannya selalu meningkat dan sebagainya. Disamping itu, anda juga perlu menentukan timing dengan melihat grafik harga saham. Anda bisa melihat halaman Analisa saham untuk melihat contoh bagaimana menganalisa sebuah saham.

Selain itu, transaksi beli saham syariah hanya dapat dilakukan secara tunai sehingga tidak boleh ada transaksi margin . Hal ini dikarena beberapa alasan, di antaranya saham kosong yang sebenarnya termasuk dalam bentuk jual beli jasa, sehingga nilai jualnya harus diketahui secara jelas. Padahal, tidak tertera nilai nominal yang jelas pada saham kosong. Dari adanya tiga perbedaan karakteristik antara saham biasa dan saham istimewa, para ulama pun menetapkan hukum yang berbeda antara saham biasa, saham istimewa dan saham kosong.

Ketiganya sama-sama menyoroti bentuk badan usaha yang sesungguhnya tidak islami. Jadi, sebelum melihat bidang usaha perusahaannya, seharusnya yang dilihat lebih dulu adalah bentuk badan usahanya, apakah ia memenuhi syarat sebagai perusahaan islami (syirkah islâmiyah) atau tidak. Sama seperti investasi saham konvensional, investasi saham syariah tidak harus dimulai dari modal Rp100 juta atau Rp1 miliar.

Tiga SRO itulah yang berperan besar untuk melaksanakan perdagangan efek dan mengatur lalu lintas perpindahan uang dan barang di antara Perusahaan Efek sebagai wadah dari investor yang bertransaksi di BEI. Dan saya akan menyinggung juga sedikit mengenai hal-hal yang mendorong turun naiknya harga saham di Bursa. Serta bagaimana investor harus bersikap dalam menghadapi masalah ini. Sebelum transaksi jual beli saham, ada baiknya mempelajari perusahaan tersebut dengan baik. Sedangkan analisis teknikal biasanya menggunakan pergerakan pada saham dalam jangka waktu tertentu. Dimana di dalamnya sudah terdapat fluktuasi dan harga, ditambah dengan informasi pada titik paling tinggi dan paling rendah saham itu sendiri.