Pada dasarnya terdapat 2 teknik analisis untuk memprediksi perubahan harga Bitcoin. Dua jenis analisis tersebut yakni analisis fundamental dan analisis teknikal. Selain membahas Sharia Online Trading System, beliau juga menjelaskan tentang analisa fundamental dan teknikal.

Mengamati pergerakan teknikal suatu perusahaan

Ada kalanya indikator osilator terus berada di area overbought atau oversold untuk beberapa waktu lamanya namun harga terus bergerak melanjutkan arah sebelumnya. Untuk menyiasatinya, kamu harus menyesuaikan sinyal yang diberikan oleh indikator tren yang sedang berlangsung. Kamu pasti sering mendengar anjuran untuk menabung saham agar tujuan keuanganmu semakin cepat tercapai. Namun sebelum kamu melangkah lebih jauh memilih saham sebagai produk investasimu, kamu harus tahu seperti apa saham yang dibeli. Dan Warren Buffet pun berpesan bahwa, “membeli saham adalah membeli sebuah bisnis,” artinya kamu harus menganalisis bisnisnya dan bukan sekadar pergerakan sahamnya. Selain analisis basic, ada analisis lainnya yang tidak kalah penting yaitu analisis teknikal.

Dengan logika yang sama, pola ini memberikan sinyal untuk melakukan aksi beli karena diperkirakan harga akan terus meningkat. Dari 4 hal penting ini, dealer dapat mengambil keputusan dengan cepat tanpa perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk mencari tahu “mengapa harga bergerak.” Ketika nilai MACD berada di atas nol atau positif, berarti pasar dalam kondisi bullish dan para dealer biasanya akan melakukan pembelian.

Indikator ini menghitung pergerakan harga rata-rata dari suatu saham dalam suatu rentang waktu, misalnya dalam waktu 50 hari atau sering disebut MA50. Cara penggunaan indikator ini adalah dengan melihat posisi harga dibandingkan dengan MA50 tersebut. Sedangkan sebaliknya, bila grafik harga memotong MA50 ke bawah dianggap sebagai sinyal jual. Analisis Teknikal digunakan untuk menganalisis harga berdasar data harga masa lalu. Dengan knowledge tersebut analis mencoba untuk melihat adanya suatu trend atau pola harga yang terjadi.

Asumsi yang satu ini menjelaskan bahwa pergerakan harga saham tidak asal naik turun. Melainkan ada pola atau tren yang akan berlangsung sampai akhirnya berbalik arah. Analisis ini juga digunakan untuk menjadi acuan kita dalam memilih saham. Semua peristiwa elementary yang mempengaruhi harga pasar akan tercermin pada worth motion. Sehingga biasanya, trader yang melakukan value action trading tidak terlalu berfokus pada analisis elementary karena berita-berita tersebut akan terlihat juga efeknya pada price action. Namun perlu diingat, Anda tetap harus mengetahui berita dan peristiwa penting agar terhindar dari membuka posisi yang salah.

Analisis Teknikal atau Technical Analysis adalah teknik analisa yang menganalisa fluktuasi harga dalam rentang waktu tertentu. Dari pergerakan harga tersebut trader mengamati pola-pola tertentu yang dapat dipakai sebagai dasar untuk melakukan pembelian atau penjualan. Anda bisa memanfaatkan hasil analisa forex harian yang ada di halamana analisa teknikal, dan halaman berita foreign exchange untuk memantau kondisi pasar saat ini. History repeats itselfPrinsip ketiga adalah pergerakan harga cenderung membentuk pola-pola tertentu di mana pola-pola ini memiliki kecenderungan berulang dari masa ke masa. Prinsip ini didasarkan bahwa perilaku pasar di masa lalu dan perilaku pasar di masa kini memiliki kesamaan dalam menyikapi informasi pasar. Berulangnya pola-pola tersebut bermanfaat untuk pelaku pasar dalam memperkirakan pergerakan harga selanjutnya.

Atas dasar inilah dikatakan pentingnya memiliki pengetahuan analisis teknikal untuk memprediksi pergerakan saham ke depan dari pergerakan historis harganya. Realisasi pembangunan infrastruktur berupa sarana dan prasarana masyarakat dilakukan dengan segera guna memperlancar mobilitas rakyat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kemudahan akses keuangan bagi masyarakat menjadi salah satu kunci pemenuhan kebutuhan dana pembangunan infrastruktur di Indonesia karena dana simpanan masyarakat dapat menjadi sumber investasi untuk menunjang pembangunan. Sebagai acuan pengambilan keputusan berinvestasi pada saham, terdapat dua analisis tradisional yang digunakan yakni analisis fundamental dan teknikal. Analisis basic dilakukan dengan menganalisis rasio keuangan perusahaan sedangkan analisis teknikal dengan mengamati pergerakan grafik harga saham.