Pagi itu didepan sekitar 500 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah E1, Dr. Tirta membagikan pengalamannya dalam memulai bisnisnya. Dr. Tirta mengawali bisnis dengan modal yang tidak besar, melainkan dari kamar kosnya yang digunakan sebagai basecamp untuk mencuci sepatu dari customer yang merupakan teman-temannya sendiri. “Awal berdirinya Shoes And Care ini ya di kos-kosan saya, saya memakai kamar untuk mencuci sepatu dari buyer lalu kemudian saya foto untuk diupload di media sosial.

Pebisnis di usia muda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih peran yang ingin Anda jalani di dalam dunia bisnis. Yang dapat digunakan untuk pembelian dan penarikan dana pada hari yang sama (same-day). Penggunaan Talangan Sementara dan Reksadana Pasar Uang yang akan dijualkan secara otomatis sebagai pembayaran atas pembelian instrumen keuangan dan berpotensi menimbulkan pembiayaan talangan. Sedangkan, ketertarikan untuk melanjutkan bisnis keluarga serta bekerja di usaha kecil dan menengah semakin berkurang. Sukses di usia muda merupakan impian semua anak namun untukj meraihnya harus dibayar dengan perjuangan yang keras. Sukses usia muda tentu beda rasanya dengan usia dewasa yang biasanya ditandai dengan usia di atas 50 tahun.

Melalui kisah berikut, mari simak inspirasi dan suggestions dari para tokoh. Ide mendirikan Eatlah sebagai bisnis anak muda ternyata cukup simpel. Charina dan teman-temannya menyukai sajian kuliner salted egg rooster yang sempat disantap mereka di luar negeri.

Lizzie juga berinovasi dalam pemasaran, tidak hanya mengandalkan penjualan viaonline, ia juga membuka tokoofflinebernama Beauty Space. Ada banyak cara menuju kesuksesan, salah satunya dengan berbisnis. Tidak harus bermodal besar, berikut lima rahasia menuju kesuksesan berbisnis sejak muda. Rencana tersebut meliputi, pengelolaan uang, waktu untuk mendapatkan laba dari penjualan, serta pengembalian modal.

Untuk memiliki hasil yang baik, tentu membutuhkan proses sehingga membuat si pelaku bisnis memasang target yang akan di capai dalam jangka waktu tertentu. Sehingga dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan bisa di nilai apakah Anda akan mencapai goal yang sudah di tetapkan atau belum. Kendati sudah punya nama besar di dunia hiburan, para selebriti muda ini tak langsung merasa puas. Untuk menambah pundi-pundi keuangannya, mereka pun melebarkan sayapnya dengan terjun sebagai pebisnis. Ada yang menjual produk kosmetik, ada pula yang memilih kuliner sebagai bisnis yang digeluti. Kendati baru tiga tahun menjalankan usaha, Angelo telah berhasil menarik minat konsumen untuk menggunakan produknya.

Tapi, akhir tahun ini muncul beberapa nama pengusaha muda yang memiliki potensi yang besar untuk memberikan ‘gebrakan’ baru tahun depan di dunia bisnis. Nah, buat kamu yang penasaran siapa saja pebisnis muda nan tampan yang namanya kerap diperbincangkan dunia, langsung simak bahasannya di bawah ini. Bagi Anda yang menyukai komputer dan jaringan, membuka bisnis startup merupakan salah satu ide yang cocok untuk dijalankan. Nah, dalam hal ini, bisnis startup bergerak selaras dengan perkembangan teknologi. Dengan bekal pengetahuan teknologi yang cukup, anak muda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Nah, berbincang tentang bisnis, perlu diketahui bahwa tidak ada batasan usia untuk memulai membuka bisnis.

Tidak ada yang menyangka, Peggy Hartanto—desainer muda—berhasil menduduki daftar “30 beneath 30” kategori The Arts versi Forbes. Kesuksesan yang diraih Peggy Hartanto berkat komitmennya dalam menerapkan lima elemen kunci, yaitu tujuan, mimpi besar, pantang menyerah, kerja keras, dan group work. Menurut Peggy, group work paling utama, karena tim yang solid lebih baik daripada individu cerdas. Menilik dari sejarah, wanita selalu kurang terwakili suara dan aspirasinya khususnya dalam bidang-bidang pekerjaan seperti sains, teknik, teknologi, matematika, dan ilmu komputer.

Kesuksesan Bukalapak merupakan buah perjuangan Achmad Zaky, pendiri dan CEO Bukalapak. Menurut Achmad Zaky, pebisnis harus memiliki keberanian untuk memulai usaha. Risiko dalam bisnis pasti ada, tetapi sebuah tujuan yang jelas, akan membantu pebisnis menghadapinya. Bahkan, rasa tidak nyaman di hati pebisnis muda bisa membuatnya tetap waspada. Sebagai calon pengusaha muda yang sukses, Anda juga harus tekun dalam belajar melalui informasi-informasi yang bermanfaat tentang bisnis.

Tak berhenti hanya di usaha produksi Batu Bakar Modern, pada tahun 2017 memulai produksi Jemuran yang didesain modern sehingga tidak memakan banyak tempat. Cocok untuk dipasang di rumah dengan lahan terbatas seperti di kompleks perumahan. Tak heran, sejak baru dilaunching, jemuran ini sudah menarik masyrakat untuk membeli. Misalkan, Anda ingin sekali menjual pisang goreng karena terinspirasi dari sebuah kedai yang sangat laris di dekat rumah. Kalian bisa tiru usaha tersebut dengan menambahkan hal lain yang lebih menarik, seperti memberikan ekstra topping yang berbeda coklat, strawberi ataupun matcha. Ini bermanfaat bagi para mahasiswa untuk menambah wawasan serta mengeksplor kreatifitas dan mengasah ketajaman insting dalam berbisnis”.

Jadi, jangan sekedar hanya mengikuti tren yang ada, tetapi urbaners juga harus menciptakan sesuatu yang berbeda yang dapat menjadi keunikan tersendiri dibandingkan yang sudah ada. Selain itu, urbaners juga harus fokus dalam menjalani usaha atau bisnis. Tentukan rencana jangka pendek dan jangka panjang yang akan dijalani dan fokuslah meraih apa yang sudah direncanakan.