Anda tentu harus memantau pergerakan harga saham dari saham-saham yang sudah anda beli. Jika harga saham sudah lebih tinggi dari harga beli, anda boleh saja menjual saham tersebut untuk medapatkan keuntungan. Anda bahkan bisa langsung menjual saham yang baru saja anda beli jika saham langsung bergerak naik melebihi harga belinya. Aktifitas membeli saham dan menjual saham kembali dihari yang sama disebut dengan istilah day trade atau day trading saham.

Menjual beli saham

Manfaatkan Menu “MNC Research” di Aplikasi MNC Trade New untuk analisis jual beli saham. Tidak hanya barang dan jasa yang disediakan oleh perusahaan penerbit saham harus halal, perusahaan tersebut juga harus bebas riba. Artinya, perusahaan tidak melakukan pembiayaan, penyimpanan asset dan lainnya dengan cara riba. Hal ini sesuai dengan kaidah fikih,“Bila tercampur antara hal yang halal dengan hal yang haram, maka yang lebih dikuatkan adalah yang haram”. Jual beli saham yang dilakukan harus saham yang diterbitkan oleh perusahaan yang sudah beroperasi. Harganya pun harus sesuai kesepakatan dua belah pihak, boleh tidak sama dengan nilai nominal saham dan boleh juga tidak sama.

Jenis saham ini adalah yang paling banyak beredar di pasar modal. Saham biasa memiliki karakteristik utama yaitu tujuan kepemilikannya. Seseorang yang membeli saham biasa memiliki tujuan untuk mendapatkan dividen atas keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Untuk investor jangka pendek, masih boleh lah dicek sehari sekali atau dua kali. Investor jangka menengah dan jangka panjang silakan ngecek setiap minggu. Ia juga mengapresiasi penggalangan dana jangka panjang melalui BEI yang mencapai Rp877 triliun, jumlah tertinggi yang pernah dicapai.

Apabila trading saham dilakukan dengan cara spekulasi maka buying and selling saham bisa disebut haram/tidak diperbolehkan. Yuk, bahas bersama hukum trading saham menurut ajaran agama Islam. Setelah Anda mengetahui hukum asal penerbitan dan memperjual-belikan ketiga jenis saham di atas, tidak sepantasnya Anda menutup mata dari fakta dan berbagai hal yang erat hubungannya dengan saham. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui hukum masalah ini dengan benar, ditinjau dari segala aspeknya. Apapun yang anda pilih terbaik pastikan bahwa keyakinan anda terhadap saham on-line.

Firma/CV, modal yang disetorkan oleh masing-masing pribadi anggota firma tidak terpisah dengan kekayaan pribadinya. Kalau terjadi kasus kebangkrutan maka harta pribadi dari anggota firma bisa ikut terbawa sebagai tanggung jawab pribadi yang bersangkutan. Firma/CV bukan badan hukum yang bisa melakukan tindakan-tindakan hukum yang mengatasnamakan Firma/CV. Guru sekolah saya pernah mengajarkan bahwa perusahaan adalah unit usaha yang didirikan untuk mencari keuntungan. Secara sederhana, mari kita analogikan dengan sesosok pedagang kambing.