Sayangnya, masih banyak dari mereka yang tidak mempunyai banyak pengetahuan mengenai teknologi dan internet sehingga kondisi ini membuat mereka semakin sulit. Masyarakat secara umum diharapkan tetap memastikan menjaga jarak , menggunakan masker, dan menjaga kebersihan diri dan sekitarnya pada saat evakuasi. Untuk itu, BPBD perlu melakukan sosialisasi terkait hal ini sejak dini, sebelum terjadi ancaman tsunami. Untuk penggunaan masker tidak perlu menggunakan masker medis, bisa menggunakan masker kain yang dibuat sendiri. Pada saat respon bencana orang akan cenderung berada dalam jarak yang berdekatan baik dikarenakan tempat yang terbatas, misalnya tempat evakuasi, maupun untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman . Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bila melakukan evakuasi dalam kondisi COVID-19 dimana orang harus menjaga jarak .

Situasi Pandemi

Kebijakan fiskal tahun 2021 akan diarahkan untuk melanjutkan program penanganan kesehatan dan perlindungan sosial serta program strategis lainnya dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi. Momentum perbaikan ekonomi yang sedang berjalan perlu dijaga dan dilanjutkan di tahun 2021 dan memanfaatkan pandemi sebagai Slot Online momentum untuk memperkuat reformasi struktural dalam membangun pondasi yang kokoh untuk mewujudkan menuju Indonesia maju. Di saat situasi sulit seperti ini, dokter dan tenaga medis dikatakan garda terdepan dalam pandemi ini. Namun, sesungguhnya, kita, masyarakat-lah garda terdepan dalam menghadapi pandemi ini.

Di sektor perternakan, pihaknya juga mendorong peternakan, pertanian, dan perikanan untuk menggunakan program KUR termasuk mendorong produktivitas usaha perkebunan. Dalam situasi darurat seperti pandemi virus Corona saat ini, peran Pemerintah dan masyarakat yang good di desa-desa sangatlah membantu. Kapasitas tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kerja pencegahan penularan Covid-19. Tidak hanya masalah di atas, di tengah masa darurat covid-19 tentunya dampaknya terhadapat ekonomi masyarakat kecil dan menengah tentunya sangatlah dirasakan.

Lebih lanjut dia mengatakan, tak terkecuali aksi sosial hingga menghimpun donasi untuk kepentingan penanganan Covid-19 juga bisa dilakukan pemerintah desa atau warganya dan dengan mudah disebarluaskan. Dengan pendekatan ini, mereka yang belum terjamah ‘kenikmatan semu’ narkoba, diberikan nasihat dari ‘hati ke hati’ oleh orang-orang yang dekat dengannya, sesuai dengan karakter kepribadian mereka. Langkah persuasif melalui pendekatan psikologis ini diharapkan mampu menanamkan kesadaran dari dalam hati mereka untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba. Adapun bagi mereka yang telah larut dalam ‘kehidupan gelap’ narkoba, melalui pendekatan ini dapat diketahui, apakah mereka masuk dalam kategori pribadi yang ekstrovert , introvert , atau sensitif. Dengan mengetahui latar belakang kepribadian mereka, maka pendekatan ini diharapkan mampu mengembalikan mereka pada kehidupan nyata.

Back covier buku Maryamah dan Putra Angin dari Sirikit Syah.“Biasanya acara bedah buku diselenggarakan Bengkel Muda Surabaya bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Kali ini terganjal karena situasi pandemi Covid 19 meningkat lagi,” kata Heroe Budiarto, Ketua Bengkel Muda Surabaya, Minggu . Sehingga, jika ada petugas maka ketika diketahui ada jamaah yang sedang tidak sehat seperti halnya di Banyumas, jamaah tersebut tidak diizinkan masuk untuk menjaga jamaah lain. Selain memastikan jamaah menerapkan prokes, katanya, petugas yang ditunjuk juga melakukan penyemprotan disinfektan secara teratur dan menyediakan sarana cuci tangan di pintu masuk masjid/mushala. Ii Misbah juga mengatakan dalam pelaksanaan KKM juga melakukan pengabdian di Gugus Tugas Penanganan Covidn19, sehingga bisa membantu masyarakat ditengah pandemi global. “Selain itu, kita pastikan mahasiswa yang akan datang ke ooaksi KKM dalam kondisi sehat karena salah satu syaratnya mereka melakukan speedy tes antigent terlebih dulu,” tandasnya.